Tuesday, November 29, 2011

New Media : Internet

  Berdasarkan data yang didapat dari Viva News bahwa Indonesia menempati urutan keenam pengguna internet terbesar di Asia dan menyentuh angka kisaran sebanyak 34 juta orang. Peringkat yang cukup memukau ini yakni masuk dalam sepulu peringkat atas di Asia menunjukan animo masyarakat yang tinggi akan dunia baru yakni dunia internet.

  Jika dahulu generasi tahun1980an selalu mencari koran dan secangkir kopi hangat di pagi hari untuk memperoleh informasi, kini generasi 2000 ke atas selalu mengupdate status pada Twitter mereka sebelum beraktivitas. Hal ini berdasarkan akan prestasi penduduk Indonesia yang berada pada urutan ketiga pengguna Twitter terbanyak di dunia menurut detik.com.

  Melihat fenomena di atas, terjadi pergeseran zaman dan trend yang diiringi dengan perkembangan teknologi yang kain pesat dan cepat. Masa depan media kini dapat diramalkan akan menuju ke dalam gerakan "3S" alias 3 Screens atau 3 layar. Layar pertama media yang masih terus berkembang ialah layar televisi. Televisi masih digemari oleh masyarakat karena sifatnya yang audio visual dan dapat dinikmati oleh semua kalangan. Layar komputer yakni layar kedua sebagai simbol dari penggunaan internet di Indonesia yang semakin berkembang pesat serta pengaruh media sosial seperti Facebook dan Twitter sebagai penyampai informasi. Layar yang terakhir ialah layar handphone. Masuknya smartphone dalam industri perdagangan selular menjadi awal mula layar handphone digunakan bukannya hanya untuk melihat pesan tetapi juga untuk menggunakan internet mobile yang sudah difasilitasi oleh semua provider. Sehingga sekarang menggunakan internet tidak hanya lewat layar komputer tapi juga dapat digunakan melalui layar mini ponsel.

3 S


  Kelebihan yang dimiliki oleh karakteristik media online seperti daya jangkau luas dan cepat serta berbagai kemudahan lainnya, membuat media baru ini semakin diminati masyarakat. Tidak heran jika berkembang situs-situ online surat kabar dan program televisi ataupun majalah. Selain itu perkembangan media online juga dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni sebagai berikut:

  1. Murahnya tarif internet yang ditawarkan baik untuk komputer maupun handphone
  2. Media online memungkinkan terbentuknya jaringan global
  3. Media online merupakan teknologi yang mampu menampilkan semua jenis informasi
  4. Bisnis online dan akses mobile mulai tumbuh

  Internet tidak hanya hadir sebagi media baru tetapi juga merupakan peluang bisnis dan ladang "emas" bagi para pengiklan. Berbagai media massa konvensional mulai melirik media internet sebagi bentuk konvergensi yang menguntungkan.

Sumber :
Kelas Kapita Selekta oleh Suwarjono, Editor Vivanews.com, Rabu 23 November 2011



No comments:

Post a Comment