Tuesday, November 22, 2011

Industri Televisi dan KPI

  Perkembangan televisi di Indonesia sudah semakin pesat dari tahun ke tahun. Semakin banyaknya stasiun televisi yang berlomba-lomba menawarkan berbagai program acara kepada masyarakat. Tingginya jumlah penonton di Indonesia membuat semakin banyaknya perusahaan membentuk sebuah media televisi baik nasional maupun lokal.

  Saat ini Indonesia memiliki 10 stasiun televisi nasional. Stasiun televisi nasional adalah stasiun-stasiun di Jakarta yang mampu menjangkau siarannya ke seluruh Indonesia dengan hanya menggunakan stasiun relai di luar Jakarta (balipost.com). Sepuluh stasiun televisi nasional diantaranya ialah TVRI, RCTI, SCTV, TPI, ANTV, TRANS TV, TRANS 7, METRO TV, TV ONE, INDOSIAR dan Global TV. Selain itu, Indonesia juga memiliki stasiun televisi lokal, dimana smapi Juni 2010 tercatat 119 stasiun televisi lokal di Indonesia.


  Melihat fenomena maraknya dunia televisi Indonesia tentu menimbulkan persaingan usaha yang sedemikian ketatnya. Setiap stasiun berlomba-lomba mencetak prestasi dan jumlah penonton melalui rating. Rating menjadi segala-galanya bagi industri televisi. Di tengah-tengah perjuangan mengejar rating maka terkadang program acara yang ditawarkan sarat akan unsur pendidikan dan norma-norma yang mendidik. Pihak media hanya menayangkan acara yang menghibur dan disukai masyarakat tanpa memperhatikan dampak media yang positif. Istilahnya jika tayangan itu "laku" yang dilanjutkan saja tanpa memperhatikan esensinya.


  Untuk itu hadirlah KPI yakni Komisi Penyiaran Indonesia yang mengawasi dan mengatur isi siaran dengan berpedoman pada P3-SPS (Pedoman Perilaku Penyiaran- Standar Program Siaran). Melalui pedoman ini maka dapat mencegah tindakan ekonomi semata untuk meraup keuntungan tanpa memperhatikan isi siaran dari suatu program acara. 


  KPI hanya bertindak sebagai pengawas namun pada hakekatnya kembali kepada khalayak yang harus pintar-pintar memilih tayangan di media. Semakin bijak kita menggunakan media, semakin fungsional media itu bagi kita.

Sumber :
Kelas Kapita Selekta hari Rabu 16 November 2011 oleh Dr. Iswandi Syahputra, M.Si. Komisioner KPI Pusat dan Dosen Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Sumber gambar:
vi.sualize.us
google images

No comments:

Post a Comment